Manfaat Lengkuas

0 comments


Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Lengkuas mengandung minyak atsiri antara lain: galangol, galangin, alpinen kamfer, methyl-cinnamate. Bumbu dapur ini berkasiat sebagai anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsumakan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan dan merangsang otot.

Salah satu olahan laos yang terkenal adalah Jamu Kudu Laos, yang berkhasiat sebagai penyegar (tonikum), menjaga kesehatan, dan menjaga stamina Pria. Untuk membuatnya, berikut ini langkah-langkahnya:
Siapkan lengkuas, mengkudu, bawang putih, merica, kedaung, asam jawa, gula jawa dan gula pasir secukupnya, serta garam secukupnya.Haluskan lengkuas dan mengkudu jadi satu.Goreng sangrai atau sangan bawang putih, merica, dan biji kedaung.Campurkan lengkuas, mengkudu, bawang putih, merica, dan biji kedaung menjadi satu dengan asam jawa. Tambahkan gula dan garam, lalu peras dan saring.Minum airnya. Perhatikan, jangan simpan ramuan Kudu Loas ini lebih dari 24 jam karena rasanya akan berubah dan khasiatnya hilang.

Beberapa khasiat lengkuas lainnya adalah sebagai berikut:
  • Mengobati sakit perut. Caranya, ambil 1/2 jari rimpang lengkuas lalu parut dan peras airnya. Tambahkan sedikit garam dan 1 gelas air matang, lalu minum untuk memperkuat saluran pencernaan sebanyak 1 gelas per hari.
  • Mengobati kurap. Caranya, ambil rimpang lengkuas, lalu tumbuk halus bersama bawang putih. Tambahkan air jeruk nipis / cuka, aduk rata, lalu gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap.
  • Mengobati panu. Caranya, ambil rimpang lengkuas, lalu tumbuk halus. Tambahkan garam, aduk rata, lalu gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu. Setelah itu, berjemurlah sebentar di bawah sinar matahari.


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manfaat Buah dan Sayur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger